Buku Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas 11 SMA

Sahabat Buku Pelajaran,
Misi utama (innama) pengutusan Nabi adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Ini
dibuktikan bahwa di dalam ayat al-Qur’ān ini digunakan struktur gramatikal yang  
menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi. Sejalan dengan itu, dijelaskan al-Qur’ān
bahwa beliau  diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah
adalah dasar. Sementara,  ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah  
pengembangan akhlak mulia. Nabi  Muhamad SAW. bersabda, “Mukmin yang paling
sempurna  imannya adalah yang paling baik  akhlaknya.”1 Nabi saw. juga bersabda,
“Orang yang paling  baik Islamnya adalah yang paling  baik akhlaknya.”2 Dengan kata lain,
hanya akhlak mulia yang  dipenuhi dengan sifat kasih  sayang sajalah yang bisa menjadi
bukti kekuatan akidah dan  kebaikan ibadah.

Karena itu, pelajaran agama Islam harus diorientasikan kepada akhlak yang mulia dan
diorientasikan kepada pembentukan anak didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya
penuh kasih sayang  kepada sesama Muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan
kepada segenap unsur  alam semesta.

Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang  dirancang untuk mengembangkan  
kompetensi yang utuh antara pengetahuan,  keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak
hanya  diharapkan bertambah pengetahuan  dan wawasannya, tetapi juga meningkat
kecakapan dan keterampilannya serta semakin  mulia karakter dan kepribadiannya.

Dalam Buku Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK ,
pembelajarannya dibagi- bagi  dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan
siswa dalam usaha memahami  pengetahuan agamanya. Tetapi, tidak berhenti dengan
pengetahuan  agama sebagai hasil akhir.


Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata  dan sikap keseharian
yang  sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual  maupun ibadah
sosial.

Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis  kompetensi,
rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran
dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan
demikian, materi buku ini bukan untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh  siswa
maupun guru,  melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru  
dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan ajaran agamanya.

Dalam buku ini dijabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai
Kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam
Kurikulum  2013, siswa  diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang
tersedia dan  terbentang luas di  sekitarnya.

Didalam Buku ini materi-materi ajar disusun ke dalam 11 BAB yang dijabarkan ke dalam beberapa Sub_BAB sebagai berikut :
Bab 1 Al-Qur’ᾱn sebagai Pedoman Hidup
A. Pentingnya Mengimani Kitab-Kitab Allah Swt
B. Pengertian Kitab dan Ṡuḥuf
C. Kitab-Kitab Allah Swt. dan Para Penerimanya
           Rangkuman
           Evaluasi
Bab 2 Hidup Nyaman dengan Perilaku Jujur
       A. Pentingnya Perilaku Jujur
       B. Keutamaan Perilaku Jujur
C. Macam-Macam Kejujuran
D. Petaka Kebohongan
E. Hikmah Perilaku Jujur
            Rangkuman
            Evaluasi
Bab 3 Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah
A. Perawatan Jenazah
B. Memandikan Jenazah
C. Mengafani Jenazah
D. Menyalati Jenazah
       E. Mengubur Jenazah
       F. Ta’ziyyah (Melayat)
      G. Ziarah Kubur
           Rangkuman
           Evaluasi
Bab 4 Sampaikan Dariku Walau Satu Ayat
       A.  Pengertian Khutbah, Tabl³g, dan Dakwah
B. Pentingnya Khutbah, Tabl³g, dan Dakwah
C. Ketentuan Khutbah, Tabl³g, dan Dakwah
          Rangkuman
          Evaluasi
Bab 5 Masa Kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali
A. Periodisasi Sejarah Islam
B. Masa Kejayaan Islam
C. Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
Rangkuman
Evaluasi
Bab 6 Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos
          Kerja
A Pentingnya Taat kepada Aturan
B Kompetisi dalam Kebaikan
C Etos Kerja
Rangkuman
Evaluasi
Bab 7 Rasul-Rasul Itu Kekasih Allah Swt
A. Pengertian Iman kepada Rasul-Rasul Allah Swt
B. Sifat Rasul-Rasul Allah Swt
C. Tugas Rasul-Rasul Allah Swt
      D. Hikmah Beriman kepada Rasul-Rasul Allah Swt
Rangkuman
Evaluasi
Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu
A. Pentingnya Hormat dan Patuh kepada Orang Tua
B. Hormat dan Patuh kepada Guru
Rangkuman
          Evaluasi
Bab 9 Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam
A. Pengertian Mu’āmalah
B. Macam-Macam Mu’āmalah
C. Syirkah
D. Perbankan
E. Asuransi Syar³'ah
Rangkuman
Evaluasi
Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam
A. Islam Masa Modern (1800‒sekarang)
B. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Dunia Islam Masa Modern
Rangkuman
Evaluasi
Bab 11 Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
A Pentingnya Perilaku Toleransi
B Menghindarkan Diri dari Perilaku Tindak Kekerasan
Rangkuman
Evaluasi

Demikian ulasan dari Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SMA /MA/ MAK, SMK Kelas 11 (Kurikulum 2013). Bagi sahabat yang memerlukan buku ini silakan diunduh :


                                                            Silakan Uunduh Disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas 11 SMA"

Posting Komentar

Recent Pos