Buku Pelajaran Seni Rupa SMP/MTs KTSP

Sahabat Blog Buku Pelajaran, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia bergantung pada kualitas pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan suatu bangsa.
Kemajuan bangsa Indonesia hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik.Upayapeningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk mencapainya, pembaruan pendidikan di Indonesia perlu dilakukan secara terus-menerus sehingga dapat menciptakan dunia pendidikan yang adaptif terhadap perubahan zaman.

Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah mengambil kebij akan dengan memberlakukan kurikulum yang meliputi aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan, kesehatan, keterampilan, dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang
.

Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran maupun pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu, diperlukan penyempurnaan kurikulum sekolah dan madrasah yang berbasis pada kompetensi peserta didik.

Seni rupa merupakan bagian dari mata pelajaran Seni Budaya. Selain seni rupa, terdapat pula seni musik, seni tari, dan seni teater. Aspek seni yang diajarkan dikaitkan dengan aspek budaya, tidak hanya budaya daerah melainkan budaya Nusantara dan mancanegara. Oleh karena itu, mata pelajaran seni budaya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.

Materi yang disampaikan dalam bidang seni rupa meliputi pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan beragam karya seni. Misalnya, lukisan, patung, ukiran, dan cetak. Materi-materi yang diberikan akan mengantarkan siswa untuk memiliki pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan mengapresiasi dan berekspresi/berkreasi karya seni rupa. Hal tersebut bisa didapat oleh siswa melalui kegiatan-kegiatan yang diberikan di dalam buku Seni Rupa untuk SMP/MTs Kelas
VII, VIII, dan IX.

Dalam menyampaikan materi seni rupa yang terdapat dalam buku ini, guru dapat menggunakan pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Guru akan membantu siswa untuk memahami materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari. Dengan demikian, siswa akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.

Pendekatan kontekstual yang digunakan oleh guru akan dapat mengembangkan siswa untuk belajar secara mandiri. Caranya adalah dengan mengarahkan sifat keingintahuan siswa dengan cara bertanya. Guru pun dapat menciptakan masyarakat belajar, yaitu siswa belajar dalam kelompok-kelompok belajar.

Kemudian, guru memberikan contoh dalam pembelajaran. Lalu, guru memberikan
reaksi tentang pelajaran yang telah dipelajari setiap akhir pertemuan. Terakhir, guru melakukan penilaian otentik yang betul-betul menunjukkan kemampuan siswa.

Untuk mendukung pembejaran dengan pendekatan kontekstual tersebut, dalam buku ini dirancang dengan pembagian sebagai berikut.

1. Pelajaran
2. Tujuan pembelajaran
3. Apersepsi
4. Cakupan materi
5. Kata kunci
6. Materi
7. Pelatihan
8. Uji Kompetensi
9. Info seni
10. Reaksi
11. Rangkuman
12. Pelatihan pelajaran
13. Pelatihan semester
14. Glosarium
15. Indeks
16. Daftar pustaka
17. Lampiran

Sahabat Blog Buku Pelajaran kembali admin ikut membagikan buku-buku materi pelajaran bse kemdikbud RI yang sengaja disediakan oleh pemerintah dibagikan secara gratis.

Untuk kesemaptan kali ini admin Blog Buku Pelajaran akan berbagi Buku Pelajaran Seni Rupa Untuk SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9 (KTSP). Buku-buku tersebut dapat didownload dalam format pdf.
Silakan Ibu/Bapak Guru serta para siswa untuk mendownloadnya :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Pelajaran Seni Rupa SMP/MTs KTSP"

Posting Komentar

Recent Pos