Sahabat Buku Pelajaran,
Misi utama (innama) pengutusan Nabi
adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Ini
dibuktikan bahwa di dalam ayat
al-Qur’ān ini digunakan struktur gramatikal yang
menunjukkan sifat eksklusif misi
pengutusan Nabi. Sejalan dengan itu, dijelaskan al-Qur’ān
bahwa beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang
kepada semesta alam.
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan
akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah
adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan
akhirnya adalah
pengembangan akhlak mulia. Nabi Muhamad SAW. bersabda, “Mukmin yang paling
sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.”1 Nabi saw. juga bersabda,
“Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.”2 Dengan kata lain,
hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi
bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah.
Karena
itu, pelajaran agama Islam harus diorientasikan kepada akhlak yang mulia dan
diorientasikan
kepada pembentukan anak didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya
penuh
kasih sayang kepada sesama Muslim,
melainkan kepada semua manusia, bahkan
kepada
segenap unsur alam semesta.
Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013
yang dirancang untuk mengembangkan
kompetensi yang utuh antara
pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Peserta didik tidak
hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi juga meningkat
kecakapan dan keterampilannya serta
semakin mulia karakter dan
kepribadiannya.
Dalam
Buku Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK ,
pembelajarannya
dibagi- bagi dalam kegiatan-kegiatan
keagamaan yang harus dilakukan
siswa
dalam usaha memahami pengetahuan
agamanya. Tetapi, tidak berhenti dengan
pengetahuan
agama sebagai hasil akhir.
Pemahaman
tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian
yang
sesuai dengan tuntunan agamanya, baik
dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah
sosial.
Untuk itu, sebagai buku agama yang
mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi,
rencana pembelajarannya dinyatakan
dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran
dirancang dalam kegiatan-kegiatan
keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan
demikian, materi buku ini bukan untuk
dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh siswa
maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus
dilakukan siswa bersama guru
dan teman-teman sekelasnya dalam
memahami dan menjalankan ajaran agamanya.
Dalam
buku ini dijabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai
Kompetensi
yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam
Kurikulum
2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber
belajar lain yang
tersedia
dan terbentang luas di sekitarnya.
Didalam Buku
ini materi-materi ajar disusun ke dalam 11 BAB yang dijabarkan ke dalam
beberapa Sub_BAB sebagai berikut :
Bab 1 Al-Qur’ᾱn
sebagai Pedoman Hidup
A.
Pentingnya Mengimani Kitab-Kitab Allah Swt
B.
Pengertian Kitab dan Ṡuḥuf
C.
Kitab-Kitab Allah Swt. dan Para Penerimanya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 2 Hidup
Nyaman dengan Perilaku Jujur
A. Pentingnya Perilaku Jujur
B.
Keutamaan Perilaku Jujur
C.
Macam-Macam Kejujuran
D.
Petaka Kebohongan
E.
Hikmah Perilaku Jujur
Rangkuman
Evaluasi
Bab 3
Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah
A.
Perawatan Jenazah
B.
Memandikan Jenazah
C.
Mengafani Jenazah
D.
Menyalati Jenazah
E. Mengubur Jenazah
F. Ta’ziyyah (Melayat)
G. Ziarah Kubur
Rangkuman
Evaluasi
Bab 4
Sampaikan Dariku Walau Satu Ayat
A. Pengertian
Khutbah, Tabl³g, dan Dakwah
B. Pentingnya Khutbah, Tabl³g, dan
Dakwah
C. Ketentuan Khutbah, Tabl³g, dan
Dakwah
Rangkuman
Evaluasi
Bab 5 Masa
Kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali
A.
Periodisasi Sejarah Islam
B.
Masa Kejayaan Islam
C.
Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
Rangkuman
Evaluasi
Bab 6
Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos
Kerja
A
Pentingnya Taat kepada Aturan
B
Kompetisi dalam Kebaikan
C
Etos Kerja
Rangkuman
Evaluasi
Bab 7
Rasul-Rasul Itu Kekasih Allah Swt
A.
Pengertian Iman kepada Rasul-Rasul Allah Swt
B.
Sifat Rasul-Rasul Allah Swt
C.
Tugas Rasul-Rasul Allah Swt
D. Hikmah Beriman kepada Rasul-Rasul
Allah Swt
Rangkuman
Evaluasi
Bab 8 Hormati
dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu
A.
Pentingnya Hormat dan Patuh kepada Orang Tua
B.
Hormat dan Patuh kepada Guru
Rangkuman
Evaluasi
Bab 9 Prinsip
dan Praktik Ekonomi Islam
A.
Pengertian Mu’āmalah
B.
Macam-Macam Mu’āmalah
C.
Syirkah
D.
Perbankan
E.
Asuransi Syar³'ah
Rangkuman
Evaluasi
Bab 10 Bangun
dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam
A.
Islam Masa Modern (1800‒sekarang)
B.
Tokoh-Tokoh Pembaharuan Dunia Islam Masa Modern
Rangkuman
Evaluasi
Bab 11
Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
A
Pentingnya Perilaku Toleransi
B
Menghindarkan Diri dari Perilaku Tindak Kekerasan
Rangkuman
Evaluasi
Demikian
ulasan dari Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SMA /MA/
MAK, SMK Kelas 11 (Kurikulum 2013). Bagi sahabat yang memerlukan buku ini
silakan diunduh :
Silakan Uunduh Disini
0 Response to "Buku Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas 11 SMA"
Posting Komentar