9 MANFAAT MUSIK BAGI MANUSIA

Sahabat Buku Pelajaran Musik (berasal dari bahasa Yunani ‘musiké téchne’ atau bahasa Latin ‘musica’ = art of the Muses) merupakan pengekspresian, pengungkapan, perwujudan, manifestasi artisik dalam kehidupan manusia. Dalam bahasa Yunani mousikê berarti muse, yang artinya seni atau ilmu pengetahuan yang dikuasai oleh para Muses – sembilan anak-anak dewa Zeus; setiap Muse mewakili satu bidang seni atau ilmu pengetahuan. Menurut mitologi Antique Yunani, musik merupakan hadiah dewa Apollon dan Muse.

Sejak dari abad pertengahan yang berpusat di Eropa, musik telah menjadi bagian yang essensial
dalam bidang ilmu pengetahuan: matematika, aritmatika, geometri dan astronomi. Konsep musik telah terbagai menjadi tiga bagian menurut filsuf Boethius dari abad ke-5, yaitu: musica universalis, musica humana, dan musica instrumentalis.

Ø   Musica unversalis/musica mundana mengacu kepada susunan tata surya, sebagaimana Tuhan telah menciptakannya sesuai dengan ukuran, jumlah dan beratnya. Proporsi dari lapisan planet dan bintang – yang masih digunakan hingga sekarang, diasumsi merupakan inspirasi format musik. Tanpa mengimplikasikan bunyi yang terdengar pun, musik menggunakan prinsip proporsimatematika yang sangat eksak.
         Musica humana merupakan konsep mendesain proporsi tubuh manusia yang merefleksikan 
         kebesaran Tuhan.

Ø   Musica instrumentalis merupakan konsep yang paling rendah dari ketiga disiplin ilmu lainnya dan melambangkan manifestasi dari proporsi matematika dalam bentuk bunyi – yang dapat dinyanyikan maupun dimainkan pada instrumen musik. Misalnya: frekuensi, yang merupakan hasil produksi interval nada lewat pengertian konsep yang menghubungkan matematika dan fisika.

Ø   Universal language and self fulfillment/self satisfaction
Musik sebagai bahasa yang universal merupakan media pengekspresian yang terdalam dan tidak
terbatas dari setiap aksi sosial individu dalam lingkungannya – membantu kita merasakan impuls
untuk mendapatkan pengalaman dan lingkungan berkreativitas yang menyenangkan dan memuaskan (self satisfaction/self fulfillment), baik secara fisik, emosi, intelektual, moral, mental
dan spiritual; yang dituangkan melalui bunyi, gerak dan struktur. Walau musik bisa sangat matematis dan eksak, tetapi musik dapat menciptakan emosi, menggerakkan perasaan seseorang sebagai seorang manusia. Karena itu musik merupakan media yang ideal dan sangat menyenangkan untuk menemukan jati diri, mengeksplorasi kemampuan seseorang dan mengekspresikan diri (self expression) - yang bisa mewakili essensi, hasrat terdalam manusia,
yang tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata. Hal ini merupakan aspek estetika dari musik.

Dunia tanpa musik ibaratnya merupakan bahasa Inggris tanpa pengertian verbal atau pengertian
bahasa Hindi tanpa melihat perbedaan antara perasaan-mood-pikiran (rasa) maupun pengertian
bahasa Jerman tanpa cara pandang yang berbeda dalam melihat dunia (Weltanschauung).

“Music, therefore, if regarded as an expression of the world, is in the highest degree a universal
language, which is related indeed to the universality of concepts, much as they are related to the
particular things. Music is the answer to the mystery of life. The most profound of all the arts,
it expresses the deepest thoughts of life."
- Schopenhauer –

“Music expresses that which cannot be put into words and cannot remain silent, soothes the
mind and gives it rest. Heals the heart and makes it whole, glows from Heaven to the soul”

- Victor Hugo (1802 – 1885) -
“Where music can go no further, there comes the word… the word stands higher than the tone."

- Richard Wagner -
“Music not only as a subjective human "language" but as an absolute transcendent means of
peering into a higher realm of order and beauty”

Ø   Science
Musik adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan matematika, aritmatika, geometri
dan astronomi yang spesifik dan eksak.

Contoh:
- full score music is a chart, yang mengindikasikan frekuensi, intensitas, perbedaan volume,
  melodi, harmoni dalam waktu bersamaan dan terkontrol dalam waktu yang eksak.
- Penggolongan ritmik berdasarkan ilmu subdivisi/pembagian matematika yang harus dilakukan
  dalam waktu singkat

“Music is moral law. It gives soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination
  and charm to life and to everything. She is the movement of sound that teach the soul and the
  education of its virtue”
- Plato (428 BC – 348 BC) –

Ø   Interhuman communication and sound organisation
Walaupun bunyi sebuah musik tidak selalu harus berasal dari manusia, musik selalu merupakan hasil dari mediasi manusia, intense (sesuatu yang disengaja) maupun organisasi melalui produksi
praktek, seperti: komposisi, aransemen, performa maupun presentasi. Dengan kata lain, musik
merupakan organisasi suara (yang bisa maupun yang tidak bisa dianggap sebagai musical sekalipun) yang berulang (sequentially), kadang sinkron (synchronically) dan mempunyai bentuk/format.

Misalnya: alarm kebakaran tidak bisa dianggap sebagai musik, tetapi apabila bunyi tersebu diulang dan dikombinasikan dengan bunyi-bunyi yang lain yang diedit dalam titik tertentu, ini bisa menjadi musik.

Komunikasi ini dapat terjadi di antara: diri individu itu sendiri, antar personal, satu individu dengan kelompok/grup, individu dengan kelompok/grup & individu lainnya, sesama individu di dalam satu kelompok/grup yang sama dan anggota kelompok yang satu dengan anggota
kelompok yang lainnya.

Ø   Human organization and perception of non-verbal sound and closely associated with gesture
and movement
Berbeda dengan pidato dan puisi, musik tidak membutuhkan kata-kata, walaupun bentuk umum
dari pengekspresian musik yang paling banyak disertai dengan nyanyian, chanting maupun reciting. Hal ini bukan merupakan aspek utama dalam musik.
Walaupun musik sangat berkaitan erat dengan mimik, bahasa tubuh (human gesture) dan gerakan – seperti: menari, berbaris, melompat; bahasa tubuh dan gerakan tsb. dapat eksis tanpa musik. Tetapi musik itu sendiri tidak dapat dihasilkan tanpa bahasa tubuh atau gerakan. Jadi musik bukan merupakan bahasa tubuh, gerakan, pidato/puisi, tapi sangat berhubungan erat dengan ketiga aspek tsb. yang diterima oleh sensor persepsi (sensory perception) kita dan aspek afeksi manusia, yaitu emosi.

Ø   Physical education, advances learning ability and be more creative
Bermain musik setara dengan atlit profesional ditambah dengan unsur artistik yang tinggi, dimana dibutuhkan koordinasi fantastis dari jari-jari, tangan, lengan, bibir, pipi, otot-otot wajah, belum lagi ditambah dengan kontrol yang luar biasa dari diafragma, punggung, otot perut dan punggung – yang merespon secara instan terhadap apa yang didengar telinga dan apa yang diintepretasikan oleh pikiran.

Bermain dan belajar musik juga dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dalam membaca,
mengeja, mendengar, kemampuan verbal, kemampuan motorik dan matematika di sekolah. Para edukator setuju bahwa konsep abstrak seperti berhitung, pembagian and rasio menjadi lebih konkret jika diaplikasikan ke dalam konteks musik, membuat hubungan antara teori matematika dan prakteknya jauh lebih jelas.

Setiap anak mempunyai rasa ingin tahu dan keingintahuan inilah yang menjadi benih dari kreativitas. Musik menawarkan kesempatan yang menarik kepada anak sebagai media untuk menyalurkan rasa ingin tahu itu menjadi kreativitas. Hal ini akan memupuk cara berpikir yang independen yang akan terbawa sampai ke aspek lain di dalam kurikulum pendidikan sang anak
dan bisa diaplikasikan ke berbagai subjek yang lain di luar musik. Bukanlah suatu kebetulan bahwa anak yang mempelajari musik mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi di semua subjek sekolah dan berkembang secara lebih cepat dibandingkan anak yang tidak mempelajari musik. Korelasi antara pelajaran musik dengan membaca, mengeja dan kemampuan yang lainnya menggaris bawahi musik sebagai faktor penentu kesuksesan pendidikan anak.

Ø   Builds self confidence
Musik mampu mengembangkan sosial dan karakter seseorang, termasuk di antaranya: kepercayaan diri yang tinggi, pengekspresian diri, disiplin yang tinggi, kreativitas individu, kemampuan akademik yang baik dan bergaul dengan orang lain. Ketika anak dapat memperoleh
kesuksesan dalam menyelesaikan beragam tugas melalui bermain musik, maka kepercayaan dirinya akan meningkat. Begitu pula dengan pengekspresian diri, ketika anak belajar melalui pengalaman bahwa menciptakan musik, maka musik akan menjadi perantara yang menghubungkan dirinya dengan lingkungan di sekitarnya. Menciptakan musik membantu anak
untuk mengintepretasikan siapa dirinya. Ketika anak memahami apa koneksi dari latihan berjam-jam dengan kualitas dari performanya, maka rasa disiplin akan menjadi pemicu dirinya untuk berlatih lebih baik lagi (self reinforcing) – hal ini akan menjadi latihan yang baik untuk mengerti hubungan antara disiplin diri dengan kondisi/kasus kejadian dalam kehidupan sehari-harinya

Setiap manusia sangat membutuhkan keberhasilan untuk mendapatkan pengakuan dari lingkungannya (recognition). Hal ini merupakan bagian dari proses perkembangan diri menuju ke kedewasaan. Setiap keberhasilan akan mengkontribusi manusia untuk menuju ke arah perkembangan kepribadiaan yang positif. Dalam hal ini musik setiap kali menyediakan kesempatan bagi anak untuk meraih kesuksesan secara individu, sehingga ia menjadi percaya diri, karena anak yang berpartisipasi tersebut belajar mengenali diri mereka sendiri dan belajar untuk percaya pada kemampuan mereka sendiri sebagai seorang individu.

Ø   Part of living and history
Musik diwariskan, ada di setiap sifat manusia dan di dalam diri kita masing-masing. Seorang bayi
akan meresponi bunyi ritmik, dimana ia akan mulai bergumam sebelum berbicara. Ritmik dan musik selalu ada di alam sekitar kita – bunyi detik jam, detak jantung kita, burung berkicau, berjalan, TV, dll. Musik selalu merefleksikan lingkungan, kultur, daerah di sekitar kita dan mewakili waktu/moment ketika ia diciptakan. Musik menghubungkan kita dengan sejarah, tradisi dan tempat asal kita. Musik mendominasi dunia, mampu memupuk rasa kebudayaan, kecintaan dan apresiasi kita terhadap tradisi daerah asal kita dan juga orang lain (cross culture). Hal ini merupakan salah satu aspek dan nilai intrinsik musik.

Ø   Fun, has lifetime value and become a model for life
Berbeda dengan ilmu/disiplin yang lain, musik sangat menyenangkan untuk dipelajari. Kita semua dapat menikmati musik dan lebih menyenangkan lagi dalam menciptakan musik. Ada kesenangan dan kenikmatan tersendiri dalam bereksprimen dengan instrumen musik, bermain musik dengan rangkaian nada sehingga tersusun menjadi sebuah melodi yang indah (aspek estetika). Ada pengalaman yang unik dan kepuasan yang spesial dalam bermain dan tampil bersama di dalam satu band atau orkes, yang akan teringat di sepanjang hayat kita. Dan kesenangan dalam menemukan tantangan yang baru dan mengatasinya secara ‘cantik’.

Ø   Enhances social development (social-cultural & communication aspect)
Di luar kemana musik membawa seseorang, entah di dalam marching band maupun orkes, ia akan mempunyai nilai lebih dengan dapat bermain musik, dimana ia akan mempunyai apresiasi yang baik terhadap sejarah, kultur, ragam musik dengan berbagai genre dari daerah tempat asalnya dan juga orang lain. Juga untuk kebutuhan lainnya, seperti: mengekspresikan diri, relaksasi, menikmati dan mengisi waktu senggang.

Mengapa? Karena ketika anak bergabung di dalam satu grup/komunitas, mereka menjadi bagian
dari grup tsb, dimana kesuksesan tergantung dari kerja sama kelompok dan tim. Di dalam band maupun orkes, setiap individu ikut mengkontribusi sehingga mereka belajar untuk mengapresiasi bahwa orang lain turut mengambil bagian dalam kesuksesan mereka dan vice versa.

Mereka tidak hanya sekedar belajar musik, tetapi mereka juga belajar untuk mengembangkan
kemampuan kognitif mereka dan meningkatkan kemampuan untuk menganalisa serta mengevaluasi informasi yang didapat. Mereka juga mempelajari kerja sama di dalam kelompok
(team work), kemampuan berkomunikasi, mengatasi konflik dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah (problem solving) – ini merupakan pelajaran yang sangat berharga dan
akan dibawa sampai sepanjang hidupnya.  Dari sinilah anak menjadi lebih mudah untuk bergaul dan berteman dengan anak-anak yang mempunyai latar belakang dan minat yang sama.

Semoga bermanfaat

Dirangkum : Dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 MANFAAT MUSIK BAGI MANUSIA"

Posting Komentar

Recent Pos